Home » » ASAL MUASAL ISTILAH DEBIT – KREDIT

ASAL MUASAL ISTILAH DEBIT – KREDIT

Dalam akuntansi, istilah debit yang kita kenal saat ini adalah turunan dari 2 kata yang artinya agak berbeda yaitu, debere dan debitum.
Debere diturunkan menjadi debit yang kita gunakan untuk menyebut sisi kiri persamaan (oleh karena itu debit dalam penjurnalan disingkat DR – cek buku-buku akuntansi asing di bagian penjurnalan). Sedangkan debitum yang artinya adalah utang, juga diturunkan menjadi debit (diindikasikan menjadi asal kata debt).
Debere memiliki lawan kata credere (disingkat CR – cek buku-buku akuntansi asing di bagian penjurnalan). Sedangkan lawan kata dari debitum adalah creditum (verb) yang artinya meminjamkan.
Dari sejarahnya, debere artinya adalah mengutang sedangkan credere artinya adalah mempercayai. Istilah ini digunakan oleh Luca Pascioli, seorang pendeta lutheran ahli matematika dari Italia, teman sekaligus mentor dari Leonardo da Vinci, untuk menyebut ruas kiri persamaan akuntansi dan ruas kanan persamaan akuntansi.
Logikanya sebagai berikut,
Mari kita lihat persamaan dasar akuntansi:
Aset = Liabilitas + Ekuitas
Menggunakan prinsip entitas, maka persamaan itu dapat dibaca: aset yang dikuasai entitas, asalnya dari utang ke kreditur + utang ke pemilik. Dalam arti lain, aset yang dimiliki entitas asalnya dari mengutang. Sedangkan Liabilitas + Ekuitas adalah kepercayaan yang diberikan kreditur & pemilik kepada entitas. Jadi, dapat dikatakan juga bahwa dari suatu sisi, persamaan akuntansi menunjukkan kepercayaan. Atau dalam kata lain, Liabilitas + Ekuitas artinya, kreditur dan pemilik mempercayakan milik mereka untuk dikelola entitas, yang mana dari sisi entitas kedua hal ini merupakan sumber dari asetnya
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Afista pratama | Template
Copyright © 2011. Pratama Blog - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger